Sunday, March 24, 2013

Pengertian dan Macam-Macam Domain


             
            Bagi pengguna internet, kata-kata seperti google.com, facebook.com, dan sebagai nya pasti sudah tak asing lagi. Kata-kata tersebut sering kali diketikan pada browser untuk menuju suatu halaman website tertentu. Nah, kata-kata itulah yang dikenal dengan sebutan domain. Dengan kata lain, domain adalah kata-kata atau bisa juga dengan kombinasi angka dan symbol yang berperan sebagai suatu alamat untuk menuju ke halaman website tertentu.

Domain merupakan sebuah system penamaan suatu alamat server dalam jaringan internet dengan kata-kata tertentu agar server-server tersebut mudah diakses oleh semua orang tanpa perlu menghapal alamat IP nya. Alamat IP ini merupakan alamat asli untuk mengakses sebuah file di sebuah server yang biasanya berbentuk sederetan angka yang cukup panjang dan tidak mudah di ingat. Dengan adanya system penamaan IP address dengan menggunakan domain ini, Para pengguna internet dapat lebih mudah mengingat alamat suatu file atau halaman web di server sehingga mempermudah pengaksesan halaman web atau file tersebut.
Berkaitan dengan domain, ada pula istilah yang disebut dengan Top Level Domain atau TLD. Top Level Domain merupakan akhiran-akhiran suatu domain . misal nya *.com(dot com), *.net, *.org, dan sebagai nya. Jika di computer ada berbagai macam file yang nama file nya diakhiri dengan kata-kata tertentu untuk mengidentifikasi jenis-file tersebut seperti *.docx (untuk file MS word), *.mp3(untuk file music), *.jpg (untuk file gambar), *.mp4(untuk file video), dan sebagainya. Nah, begitupun dengan domain yang menggunakan akhiran tertentu untuk mengidentifikasi jenis suatu website. akhiran itulah yang dinamakan TLD.
Ada 2 MacamTop level Domain, yaitu Generic Top Level Domain (TLD yang umum digunakan) dan Countries Code Top Level Domain(TLD khusus untuk setiap Negara).
1.       Generic TLD, diantaranya
*.com = commercial web
*.net = network web
*.org = organization web
*.info = information web
*.biz = business web
*.mobi = mobile web
*.tv = television web
*.edu =education web
2.       Countries Code TLD, diantaranya :
*.id = Indonesia
*.my = Malaysia
*.sg = Singapore
*.th = Thailand
*.kr = Korea
*.uk = United Kingdom
*.jp  = Japan
*.nl = netherland
            Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai domain. Semoga bermanfaat.
            #salam terhangat dari Mr.DHI
           


Ditulis Oleh : Mr.DHI Hari: 3/24/2013 03:41:00 AM Kategori:

Share Artikel ini ke Teman-Teman Anda di :



ads

44 comments:

  1. First Comment is Me !!! :)
    Be The Next Comment !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pertamax nya di ambil sama tuan rumah nh he he...

      Delete
  2. aku pernah beli domain.com untuk blog, editing c sama a name nya agak susah

    ReplyDelete
  3. buanyak ternyata ya sob nama akhiran domain... harganya yg paling mahal domain ekstensi apa ya sob

    ReplyDelete
  4. wah saya malah baru tahu tuh artinya, banyak juga yah, makasih sob

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah. Udah ganti domain. Xixixixi

    ReplyDelete
  6. Alhamdullilah saya suka Pake (DOT)com di beberapa Blog soalnnya Commercial

    ReplyDelete
  7. .. kalo pake.au kira^ bisa gak ya?!? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa..
      au = au ah gelap
      hehehe :D

      Just kidding friend, salam persahabatan :)

      Delete
  8. mantab nih infonya gan, kalau park domain tuh apa gan ?

    ReplyDelete
  9. domain termahal apa ya gan ?

    ReplyDelete
  10. saya spesialis gratisan sob! hehehe

    ReplyDelete
  11. kapan nih ganti domain gan haha :D
    thx infonya

    ReplyDelete
  12. makasih ya gan..., pengen pake domain tp gk ada duit.., klo mau yg profesional katax hrs pake domain yg bayar... *smile

    ReplyDelete
  13. blog ane gak pernah ganti domain konon katanya bisa mempengaruhi page rank , :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane pernah coba2 yg gratis ribed sob ,,,

      Delete
  14. wah.. oke juga nih penjelasannya.. :D
    mudah2an mister dhi cepet2 ganti domain aja deh ;D

    ReplyDelete
  15. .com untuk komersial dehh :D

    tapi .blogspot kayaknya buat yg gratisan :)

    hehe..

    ReplyDelete
  16. Ternyata disini jelas yah Mas antar mana domain dan mana sub domain serta macam domain yang ada sekarang ini :)

    ReplyDelete
  17. ooo ternyata gtu kang iia.. selama nii saiia sii pake pake ajja.. gag pernah ngerti gmn maksudnya :( hiks

    ReplyDelete
  18. yuuppss,,,jd yg cocok buat blog kita kira2 yang mana yaahhh,,,??
    thanks infonya

    ReplyDelete
  19. met siang sobat trmksih sobat infonya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  20. terimakasih sob!jadi hapal sekarang .sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  21. Terimakasih, saya jadi mengerti istilah akan domain. Dan saya sudah menggunakan [dot] com.

    ReplyDelete
  22. Penjelasannya..sangat membantu saya...jadi lebih tahu macam dan rantingnya dari domain itu sendiri mas.. :)
    Trima kasih dan salam knal :)

    ReplyDelete
  23. Saya malah pake .org . Padahal jadi admin tunggal. :v

    ReplyDelete
  24. wah makasih informasinya sobat, saya baru tau kalai ternyata ahiran domain itu ada artiya hehehehehe

    ReplyDelete
  25. terus terang baru paham setelah baca ini sob
    terima kasih pencerahannya

    ReplyDelete
  26. gak terbayang kalau gak ada domain, kita harus ngetik IP terus

    ReplyDelete
  27. maaf ya baru bisa kesini, situs ku mengalami kerusakan database.. jadi mesti repair dulu.. :D

    ReplyDelete
  28. paling males pas baca yang my , hahaha

    ReplyDelete
  29. ternyata banyak jga ya gan macam domain

    ReplyDelete
  30. Huft! Kapan ea domain gue top lepel?

    ReplyDelete
  31. Kalau domain gratisan dot tk itu apa ya gan?

    ReplyDelete
  32. Kalau domain dot info gimana mas? Katanya domain dot info itu kurang kredibel di mata mesin pencari, apa emang benar gitu mas? saya sih kurang yakin, memang harga tahun pertamanya murah tetapi setelah diperpanjang sama saja dengan domain dot com.

    Salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah kredible atau nggak nya, saya juga kurang tau tuh mas..!!

      Delete
  33. Kalau Countries kode dipake buat web kita bisa ga ya?
    Salam blogwalking

    ReplyDelete
  34. dapet pengetahuan baru nih dari misterdhi..thanks

    ReplyDelete
  35. sangat bermanfaat gan,

    ReplyDelete
  36. thanks infonya sob.
    visit me back ya

    ReplyDelete
  37. skrg yg jadi problem kalau nama domain berekstensi .com nya udah ga ready terpaksa ambil yg lain misal .net atau .org padahal Web kita itu untuk jualan atau commercial

    ReplyDelete
  38. TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
    Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000

    ReplyDelete

Anda diwajibkan membaca Privacy Policy terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Misterdhi.net

Misterdhi.net

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...